JAM BERAPA YA ?

Selasa, 16 Februari 2010

CARA MENJAGA AQUARIUM

Setiap kali anak-anak menuntut untuk memelihara binatang saya selalu tolak dengan cara meminta mereka berjanji untuk bertanggung jawab. Seberapa pun kuatnya keinginan memelihara binatang, syarat janji kesediaan merawat tetap saja memang karena terlalu berat buat mereka (yang boleh dibilang banyak unsur malasnya). Berhubung sayang anak, akhirnya terlaksana juga memiliki binatang peliharaan. Dengan pertimbangan minimalisasi pemeliharaan, pilihan jatuh ke ikan.

Akuarium terbeli lengkap dengan dekorasi dasar pasir hitam, pasir putih, batu-batu, dan 2 macam tanaman air. Untuk menimbulkan sirkulasi air yang penting untuk memasukkan oksigen, digunakan pompa kecil yang bisa direndam; bagus sekali teknologi pompa ini karena mampu memutar tanpa menimbulkan suara berisik. Selain memberi kesempatan air menangkap oksigen dari permukaan, sirkulasi ini nampaknya disukai ikan. Selain itu, arah sirkulasi yang sejajar kaca depan akuarium membuat ikan selalu dalam posisi tampak samping. Tampak samping kanan bila sedang dibagian atas, dan samping kiri bila sedang berada dibagian bawah akuarium.

Pada awalnya kami membeli 2 penguin slayer (seperti wader diberi strip hitam memanjang di badan), 4 lemon guppy (ikan kecil gembung dengan warna kuning, banyak makan dan banyak kotoran), 4 neon tetra (seperti cetul strip biru), dan 2 glass cat fish. Menurut saya hanya glass cat fish yang paling unik. Daging ikan ini transparan sehingga terlihat rangka tulangnya. Mengikuti saran penjual, ikan-ikan itu saya beri makan Tropical Flake. Satu botol plastik harganya Rp. 15.000,-- untuk sekitar 1 bulan. Pernah terlupa memberi makan sampai beberapa hari ternyata ikan-ikan itu bertahan dengan memakan lumut.

Beberapa bulan pertama kami, tepatnya saya sendiri, masih rajin menguras; mengganti air seminggu sekali. Lama kelamaan bosan juga mengganti air tiap minggu. Berangsur menjarang sampai akhirnya air baru diganti satu bulan sekali. Biasanya dalam satu minggu lumut sudah tumbuh baik di dinding maupun di bebatuan dan tanaman. Lewat satu minggu akuarium tidak bisa dinikmati sama sekali. Dengan perlakukan buruk ini tanaman air mulai membusuk dan ide-ide menghentikan pemeliharaan ikan mulai dimunculkan.

Dalam kondisi "kritis" saya teringat pada satu jenis ikan yang konon bisa membantu kita membersihkan akuarium yang diberi nama ikan sapu-sapu. Dengan berat hati, karena sudah bosan, saya memutuskan untuk membuang semua dekorasi akuarium (pasir, bebatuan hitam dan tananam air). Dengan demikian pekerjaan menguras menjadi lebih mudah. Bosan dengan suasana sepi, istri saya memasukkan batu-batu putih. Dengan lampu penerangan yang diganti dengan neon putih kemerahan (pada saat perlu beli karena yang lama mati, kebetulan di toko tempat saya beli lampu kehabisan neon putih), akuarium kembali bisa dinikmati. Selain itu, koleksi ikan dilengkapi dengan dua ekor ikan sapu-sapu.

Ternyata ikan sapu-sapu bekerja sangat baik. Tiga bulan terakhir ini saya tidak pernah menguras/membersihkan akuarium. Saya tidak tahu kapan dia bekerja karena setiap kali dilihat orang, ikan ini selalu mengambil posisi sembunyi. Sesekali saya melihat ikan ini bergerak sangat pelan dengan menempelkan sapunya (bibir yang melebar) di dinding akuarium namun secepatnya ikan ini kembali bersembunyi kalau melihat orang yang mengamatinya. Yang jelas dinding akuarium nampak bersih. Bahkan saya jarang melihat ada lumut baik di dinding akuarium, bebatuan maupun dinding pompa air. Luar biasa! Sejak ada ikan sapu-sapu, sampai sekarang belum sekalipun saya membersihkan akuarium. Setiap kali ada niat, selalu urung karena melihat kondisi akuarium. Kalayu masih kelihatan bersih, kenapa harus repot membersihkan? Saat ini 2 penguin slayer, 6 neon tetra, 2 guppy merah, dan seekor ikan sapu-sapu nampah hidup rukun dan bahagian tanpa ada yang mengusik.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

When I initially commented I clicked the "Notify me when new comments are added" checkbox and now each
time a comment is added I get several emails with the same comment.

Is there any way you can remove people from that service?

Thanks a lot!

My homepage: baseball bat reviews

BAGAIMANA ISI BLOG SAYA ?

Loading...